Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Aliansi Mahasiswa Papua di Makassar Nobar dan diskusi Film "Kinipan".

Situasi; Nobar dan diskusi asrama mahasiswa Papua di Makassar.

MAKASSAR, suara Monyet.com. Aliansi Mahasiswa Papua  KK Makassar pada tanggal 21 maret 2021 menyelenggarakan Nobar dan diskusi "film Kinipan" di asrama Mahasiswa Papua Camasan V Makassar (Jln.Lanto Daeng Pasewang) pukul:18:00 WITA oleh 20-an lebih partisipaan.

Seusai menonton film berdurasi 2.5 jam ini, para partisipan lanjut dengan diskusi yang lebih menyoroti tentang pemberlakuan " UU Omnimbus law"  yang memang dikecam dari awal pembahasan RUU-nya. 

Film ini memberi gambaran bagaimana tindakan Negara yang (seakan) tidak pernah henti untuk terus memperkeruh kehidupan rakyat, serta turut merusak lingkungan, Seperti yang sedang terjadi juga di Tanah Papua yang kian mengalami kerusakan;  kehilangan hutan  oleh masyarakat adat, akibat ekskalasi  investasi yang massif dengan militerisme  sebagai alat pelindung-nya—yang mana juga turut membuat mereka terus teralienasi dari tanah juga hutan-nya.

Terutama pasca disahkan-nya 'UU Omnimbus Law' persis yang sedang terjadi pada Masyarakat Adat Laman Dayak Kinipan di film ini.

kepentingan investasi yang sejalan dengan rencana pembukaan lahan untuk program ketahan pangan terpusat (food estate) yang dicanangkan Jokowi. Dimana program tersebut hanya akan menggangu keseimbangan ekosistem dengan terus memperluas penanaman padi. Tutur Andi".

Nobar Film Dokumenter "Kinipan yang disutra darai oleh Dandhy Laksono  di  nobar dibuka Dengan  diskusi berjalan aman dan pukul 23:20:WITA ditutup dengan doa bersama lalu mahasiswa membubarkan diri masing-masing" Tutur, Marc.


Reporter : meck 

Editor : j u.



Post a Comment

0 Comments